Tuesday, May 7, 2019

Yuk Warnai Ramadhan! 3 Hal Positif Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Menunggu Waktu Berbuka

  No comments

Tanpa terasa kita sudah bersua kembali dengan bulan ramadhan. Bulan penuh ampunan dan berkah. Bulan dimana seluruh setan dikerangkeng dan dipenjara. Bicarain ramdhan, hal apa sih yang biasa kita lakukan untuk menunggu waktu berbuka? Jalan-jalan? Nontonin mobil dan motor yang lewat di pinggir jalan? Atau hal lain yang mungkin biasa kalian lakukan?

Nah! Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi 5 hal positif yang bias kita lakukan sembari menunggu waktu berbuka datang. Agar tidak bertele-tele yuk langsung kita bahas satu persatu!

Membaca



Daripada kita habisin waktu untuk jalan-jalan gak jelas. Alangkah baiknya kita habiskan waktu kita untuk membaca. Selain menambah wawasan tentunya, kita juga bias mendapat banyak ide serta tanpa terasa menghabiskan waktu menunggu berbuka.

Hal lain yang kita dapatkan dari aktifitas membaca. Secara tidak langsung kita turut berkontribusi mencerdaskan Indonesia lo. Masih ingat kan hasil survey yang meletakkan Indonesia di urutan 2 dari bawah terkait tingkat literasi? Miris kan! Nah, dengan membaca, kita sudah berkontribusi lo.

Membaca itu gak harus buku yang serius kok. Novel, kumpulan cerpen, buku pelajaran pun tak apa. Lebih baik lagi jika kit abaca Al-quran. Pasti sudah tau kan besarnya pahala membaca Al-Qurna, apalagi di bulan ramdhan. Pahalanya berlipat ganda. Lebih-lebih kita memahami arti serta mengamalkan isinya, dijamin makin barokah dan bermanfaat deh hidup kita.

Menulis



Yups, kiat kedua adalah menulis. Pernah dengar kata-kata ini?

“Reading is hot, writing is cool”

Maksutnya, jika kita sekedar membaca tapi tidak pernah menulis. Ibaratnya kita itu sebuah lentera yang diletakkan dalam lemari. Kita bermanfaat, karena bisa menerangi sekitar. Tapi kalau gak dipakai kan gak berguna juga toh!

Agar apa yang sudah kita baca dan kita pelajari bisa bermanfaat, sungguh indah jika kita menuangkannya melalui tulisan. Selain berbagi, kita juga bias berdiskusi melalui tulisan kita. Pertama dengan diri sendiri, dalam proses penulisan itu. Kedua melalui komentar serta masukan dari orang lain yang membaca tulisan kita.

Selain itu, dengan menulis kita juga bias menghasilkan uang, teman baru, serta banyak hal lain yang bias kita peroleh. Selengkapnya bias dibaca disini.

Berdiskusi



Ketimbang bergosip dan bicarain kejelekan orang. Lebih baik kita diskusi saja dengan teman-teman kita. Selain menghabiskan waktu, kita juga dapat memperoleh pengetahuan baru. Selain itu dengan berdiskusi, kita juga belajar menjadi pendengar yang baik.

Eits, bukan cuman itu! Kita juga bakal dapat banyak ide dengan berdiskusi. Apalagi langsung kita realisasikan. Wuih, keren dan mantul banget  itu. Bikin konsep lalu langsung realisasi. Bukan cuman wacana belaka. Seperti acara bukber teman SD yang sekedar wacana tanpa realisasi (harap jangan dimasukkan hati).

Perlu diingat, diskusi itu bukan berdebat ya. Kita saling mendengarkan dan saling memberi masukan. Bukan saling menjatuhkan satu sama lain. Ntar malah rebut adanya jika kita saling menjatuhkan. Cukuplah pemilu kemarin yang bikin hubungan kita renggang. Ramadhan ini mari kita rekatkan hubungan kita kembali.

Tentu jika kita diskusi di siang hari jangan sembari minum kopi. Ini bulan puasa  woi, jangan mokel. Meski diskusi tanpa secangkir kopi itu kurrang nikmat. Katanya. Tapi diskusi itu cukup asik dijadikan aktifitas untuk menghabiskan waktu menunggu buka.
___

Jika kalian tidak sempat atau belum ada kemauan untuk melakukan 3 hal di atas. Mending tidur aja. Pulas, enak, bangun-bangun udah mau buka aja. Ketimbang gibah dan gosipin orang, mending tidur dan istirahat aja.


Tapi, meski kita berpuasa sebulan penuh. Jangan sampai kita malah jadi malas dan buat puasa jadi alasan agar kita bias leyeh-leyeh terus ya!

“Setiap orang akan memanen apa yang mereka tanam”

Jadi, semoga ramadhan kali ini menjadi momen yang penuh berkah dan bulan yang produktif bagi kita.

Salam hangat J

____
Sumber gambar : Unsplash.com

No comments :

Post a Comment

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.