Saturday, February 2, 2019

3 Motivasi dari Film Orang Kaya Baru

  8 comments


Buat kalian yang baru aja datang dari bioskop, baik nonton atau hanya lewat, pasti melihat banner film Orang Kaya Baru. Ya, film komedi yang sedang tayang di bioskop saat ini. temanya ringan serta dibungkus dengan humor yang ramah keluarga. Sangat cocok untuk tontonan keluarga dan penghilang stress.

Yups, itulah review yang saya temukan di banyak situs mainstream. Dan, setelah saya menontonnya langsung. Benar, filmnya sungguh mengocok perut. Khususnya tokoh si Bapak yang diperankan oleh Lukmas Sardi, bapak yang baik serta memprioritaskan anaknya terperankan dengan baik oleh aktor kawakan yang satu ini.

Ide tentang harta warisan serta cara penyampaiannya pun saya rasa cukup sukses dan menghibur. Lebih-lebih lagi twist di akhir film sungguh bikin syok tapi menghibur. Penasaran? Tonton aja langsung di Bioskop mumpung masih premier.

Ah, sampai lupa bilang! Awas, dalam tulisan ini banyak spoilernya! Bisa menyebabkan keinginan untuk nonton film Orang Kaya Baru. Jadi baca dengan santai aja, jangan terlalu serius 

Nah, yang mau saya tulis dan kasih tau itu adalah 3 hal yang saya dapatkan dari Film Orang Kaya Baru ini. Langsung aja ya biar gak lama-lama

Hidup itu Berputar

Hal pertama yang saya tangkap dari film ini adalah “Dunia ini berputar”. Tidak selamanya kita berada dalam satu titik, hidup ini terus berputar, berputar sesuai dengan apa yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan hari ini berdampak terhadap putaran hidup kita besok hari.

Uang yang kamu berikan pada pengemis hari ini bisa menjadi sesuatu yang luar biasa esok hari. Ini adalah bukti kalau hidup ini berputar, ia berputar agar stabil. Ada miskin, ada kaya. Keduanya saling melengkapi, oleh karena itu kita yang kaya dan berkecukupan sebaiknya banyak bersedekah dan bermurah harta kepada yang membutuhkan. Karena memang sebagian harta kita adalah harta orang yang membutuhkan.

Ada sebuah peribahasa “Apa yang kita tanam hari ini, adalah apa yang kita panen esok hari” 

Hidup bukan Soal Kaya atau Miskin

Apa tujuan kita hidup? Untuk jadi kaya? Kalau sudah terlahir kaya? Lalu apa tujuan hidup kita? Hal lain yang saya dapatkan dari fim ini, hidup bukan soal kaya atau miskin. Pesan ini saya dapat dari sikap pacar Tika yang menolak pemberian Cuma-Cuma dari Tika. Padahal Tika kayanya banget, gak susah-susah pula dapatnya (aduh, kok spoiler lagi sih?). 

Sosok pacar Tika yang gak mau menerima pemberian seketika tapi lebih memilih untuk berjuang, untuk menghargai proses sungguh menyentuh. Jika semua lelaki seperti dia, mungkin wanita bisa disalahkan. Serta anggapan kalau wanita selalu benar itu bisa hilang ya? 

Tapi, hidup itu bukan tentang kaya atau miskin. Hidup itu tentang menerima dan berjuang, seberapa gigih kita berjuang, dan seberapa sabar kita menerima. 2 hal itulah yang akan menciptakan keajaiban dalam hidup ini. ada sebuah paten dalam kehidupan, semakin banyak kita berjuang, semakin banyak pula yang kita peroleh.

Jangan Terjebak dalam Zona Nyaman

Nilai terakhir yang bisa saya dapatkan adalah, jangan pernah terjebak dalam zona nyaman. Sekali anda berhenti maka artinya selesai. Seperti yang sudah saya tuliskan di awal, hidup itu adalah perputaran. Jika kita terjebak dalam zona nyaman, maka kita akan berhenti, perputaran itu akan hilang. Jika sudah sampai ke dalam situasi ini. hanya ada 2 hal yang mungkin terjadi, kalian akan seperti itu seterusnya, atau paling buruk. Kalian akan jatuh dan terpuruk.

Ujian itu bukan selamanya berbentuk kesusahan, adapula ujian yang berbentuk kenyamanan yang ujungnya bikin kita gak mau berproses lagi. Disinilah kehidupan kita menjadi mati dan tak berkembang. 

Keep runing, hidup ini adalah buku tanpa akhir. Kitalah yang menuliskan hidup ini. kita berhenti, tak ada lagi cerita yang tertulis. Hidupmu selesai, langsung saja cetak buku itu ke percetakan. Nah lo,, udah keluar konteks kan .

Kembali lagi tentang hidup, jangan pernah terjebak di zona nyaman. Berheraklah, walau hanya perlahan. Bergerak. Jangan berhenti, stop means end. 

Hal yang jelas menggambarkan situasi ini adalah saat anak paling muda adalam keluarga ini merasakan sebuah kehilangan. Inti dari keluarganya yang hilang karena kekayaan mendadak yang keluarganya peroleh. Makan bersama saat makan malam, taka ada lagi yang punya waktu untuk hanya sekedar makan malam bersama.

____

Dalam film ini kita bakal banyak tertawa melihat perjalanan hidup keluarga Tika dan kakaknya yang awalnya susah lalu berubah sejahtera pake banget dalam seketika. Alurnya sederhana, penuh humor dan tidak muluk-muluk dan butuh banyak penafsiran. Endingnya pun cukup tak terduga!

Saya saranin buruan nonton! Jangan nunggu rilis di situs download gratisan doang! Kalian nonton di bioskop berarti kalian menghargai karya mereka! Kalau saya sih, nunggu film gratisan gak apa, asal film luar. Kalau film Indonesia, jangan.   Karena film ini Family friendly dan penuh dengan pesan moral!

So, buat kalian yang udah nonton film ini, nilai apa saja yang kalian dapetin? Jika ada nilai lain yang kalian peroleh, kuy di share di kolom komentar ya!

_____
Sumber gambar :
BookMyShow.com

8 comments :

  1. Waduh blom smpt ntn sy.. Kl liat pemainnya kynya rada lucu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gk ada niatan untuk nonton, tapi karena waktu rental mobil masih lama, jadi saya dan teman akhirnya memutuskan untuk pergi ke bioskop

      dan, kamu harus lihat, saya nngak nyangka ternyata si Raline shah bisa juga meranin tokoh yang lucu dan bikin ketawa, must watch pokoknya!

      Delete
  2. Pertama saya lihat trailernya nggak sengaja pas nonton youtube krn nyelip di iklan.. Terus saya penasaran kayaknya premis nih film unik banget, tentang keluarga yang awalnya hidup pas2an, eh taunya pas ayahnya meninggal ternyata mereka kaya raya. Pas dicari tahu lagi, ketahuan deh ini garapan joko anwar, udah garansi bagus sih
    Sayang, belum ada temen nonton hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro, saya juga tertarik karena hal tersebut! melihat nama sutradaranya, selain itu genrenya Komedi. Ini yang bikin nilai plus dan rasa ingin tahu, akhirnya nonton dan, sesuai ekspektasi

      andai banyak joko anawar lainnya mungkin per film an Indonesia akan jauh lebih baik?

      Delete
  3. Sumpah nih film lucu dan keren banget! GK rugi nonton! Walau harus beli tiket VIP karena udah jam terakhir, tapi film worth itu dan penuh pesan moral

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi terbalas ya usaha beli tiket VIP nya, walau gk mahal tapi terbayar dengan kepuasan!

      Delete
  4. asyik, gini nih.. kalau nonton emang gak boleh sia-sia, harus ada pesan2 hidup yang bisa diambil.
    jadi, kapan aku kaya.. eh kapan nonton orang kaya baru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kuy lah, silahkan hubungi saya pribadi, siapa tahu saya ada kesematan dan tak sengaja bertemu :)

      happy blogging :)

      Delete

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.