Selasa, 12 Februari 2019

3 Alasan Kenapa Kalian Harus Mengunjungi Pantai Dubibir

  6 komentar
Dalam tulisan ini kita akan mengulik 3 hal menarik tentang pantai Dubibir. Btw kalian udah tau tentang pantai Dubibir?  kalau gak tau kalian tuh kebangetan banget 😁, so biar gak penasaran, pertama-tama saya bakal jelasin dimana itu pantai Dubibir



Pantai Dubibir adalah pantai yang terletak di desa Ketah, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo.Pantai ii sedang booming di kalangan pemuda karena panoramanya yang indah serta wahananya yang beragam. Selain itu, hutan mangrove di sekelilingnya juga bisa jadi tempat yang instagramable banget

Nah, kali ini simak yuk 3 hal menarik yang gk boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke pantai Dubibir

1. Asal Usul Nama Pantai Dubibir


Dubibir diambil dari bahasa madura yang berarti 2 bibir. Ada banyak versi terkait pemilihan nama Dubibir sebagai tempat wisata ini. Ada yang bilang jika dulku ada 2 bibir yang bersentuhan, jika kalian mendengarcerita ini saya yakin kalian asti merasa cerita yang satu ini terlalu romantis. Taapi bukan itu asal usulnya

Versi lain ada yang mengatakan jika ada sebuah bibir yang menempel pada pohon mangrove. Untuk yang satu ini saya nyatakan kalau ini HOAX 😂. Cerita sebenarnya dari pemilihan nama Dubibir karena adanya 2 bibir pantai di daerah tersebut. Pertama di pantai Dubibir sendiri, lalau satunya di TPI yang berada di sebelah Dubibir.

Kenapa memakai bahasa madura? karena hanya di Situbondo tempat wisata pakai bahasa MADURA. Dan perlu kalian ketahui, tempat wisata yang memakai bahasa madura itu jarang atau bahkan hanya ada di Situbondo

2. Fenomena 2 Bibir Pantai


Untuk fenomena yang satu ini mungkin tak bisa dinikmati setiap waktu. Hanya saat pasang surut dan naik air laut fenomena ini nampak. Hal ini pula yang kadang membuat para nelayan sekitar lebih memilih menaikkan sauh dari pantai Dubibir karena lebih menjorok ke laut daripada TPI di sebelahnya.

Jadi, bagi kalian yang berkunjung saat pasang naik atau surut lalu bertemu dengan beberapa nelayan lokal adalah hal yang biasa. Cobalah bercakap dan berbincang tentang kondisi masyarakat disana, saya yakin kalian bakal lebih banyak bersyukur  😂

3. Dibuka Malam Jika Ada Acara


Sebagai tempat wisata yang berada di tengah masyarakat pesisir. Pantai Dubibir tidak dibuka pada malam hari. TApi jika ada kegiatan atau event tertentu pantai ini dibuka pada malam hari. Ini tentu adalah momen buat kalian yang ingin menikmati suasana angin laut dan deburan ombak pada malam hari. Ditambah dengan pasir lembut yang memanjakan kaki. (Note : jika kalian pergi ke pantai, bukalah sendal atau alas kaki kalian, nikmati pasirnya!)

Kabar bahagia untuk pecinta camping, kalian bisa kok camping di pantai Dubibir asal sudah melewati proses ijin dan mendapat ijin dari pengelola setempat. Unttuk ijin bisa menghubungi Pokdarwis (Kelompok sadar wisata yang diketuai oleh bapak Alan)

Gimana tuh rasanya camping di pinggir pantai? gak kebayang sensasi serunya, apalagi sambil memb akar api unggun. Dijamin asik banget deh!

Pantai Dubibir pada malam hari



Nah, itulah 3 alasan kenapa kalian harus (banget) berkunjung ke pantai Dubibir.

Live once, and fill it with happines 

6 komentar :

  1. Kalau pantai yang tidak ramai, sudah jaminan seru deh dipakai camping. Rasanya syahdu banget malem2, gelap gitu, jauh dari hiruk pikuk dan cuma ada suara deburan ombak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, kemaren saya baru menyadarinya ketika dibolehkan secara khusu bermain di pantai pada malam hari, suasananya adem banget, syahdu ditambah ombaknya aduhhh jadi hilang stress

      Hapus
  2. waaah aku pgn liat foto pantainya .. ntr browsing deh.. ;) . jd inget pas msh pramuka, acara jurit malam biasanya di pinggir pantai, krn di aceh dulu daerah pesisir :) . aku ga nyangka kalo malam, ternyata pantai itu dingiin ya hahahaha. kirain bakal panas kyk siang. seru sih camping di pinggir pantai gitu. suara ombaknya bikin makin nyenyak malah ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah sebaliknya, dingin banget. Awalnya mikir, kok bisa? terus tanya ke guru di sekolah lalu dijelasin tentang angin laut dan siklus pasang naik dan turun

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.