Kamis, 24 Januari 2019

Situbondo : Blogging dan Pengabdian Untuk Kampung Halaman

  8 komentar

Apa yang udah kamu lakuin 1 tahun ini? sudahkah melakukan banyak perubahan? atau masih stuck aja di titik itu? bagi saya, 2018 itu tahun yang menantang banget! selama 4 tahun blog ini berdiri, baru tahun 2018 lah tulisan paling banyak bisa  gua terbitkan.

Ada banyak hal yang membuat gua bisa berjalan sejauh ini! awalnya gk nyangka banget! bener-bener gak nyangka, kalau tulisan yang ada di web ini semuanya tulisan gua! kadang senyum-senyum sendiri, ketawa, sedih pun kadang juga gua rasain waktu lihat blog ini

Semuanya berawal di akhir 2017, waktuitu gua beraniin diri buat beli TLD. Uang sisa jajan sekolah pemberian emmak yang udah gua kumpulin akhirnya terpakai juga. Walau masih pinjem ATM emmak waktu itu. Jadi ceritanya gua ngasih uang itu ke emmak lalu dikasih deh ATM beliau tuk bayar baya TLD waktu itu 😁 (tanpamu mungkin blog ini tak akan pernah ada Mak!)

Karena udah tercebur nih jadi gua sekalian aja nyelem. Sering buka group blogger, sering baca tulisan blogger lain, blogwalking ke blog orang, tinggalin jejak di kolom komentar. Dari situlah gua mulai mengenal dunia blogging, kenalan ama blogger lain, dan mulai gabung dengan komunitas blogger lokal di Situbondo.

Awalnya sekedar kenalan dengan drummer band lokal, lalu dikenalin dengan ini, dengan itu, akhirnya banyak kenal blogger lokal Situbondo. Disinilah gua percaya kalau kekuatan omongan itu benar adanya! cukup rekomendasi teman dan tau nyebutin nama teman, kita bisa kenalan ama orang lain (yang penting jangan sering-sering digunain buat modusin gebetan! ntar kenalan ama adeknya pacar kapok lu 😂) karena itupula gua yakin buat nyebut diri gua BLOGGER

Motivasi Ngeblog

Terhitung  mulai Februari 2018 gua mulai tekun nulis, targetnya sih  minimal 4 tulisan dalam 1 buulan. Puji syukur target itu dapat gua lampaui, walau terkadang tulisan yang gua post itu tidak berfadedah 😂 tapi ada kepuasan tersendiri saat kita bisa bikin sebuah tulisan.

Mengutip semangat seorang Kopiah Putih membangun blognya

"Saya ngeblog itu untuk masa depan. Kelak jika saya punya anak saya bisa memberitahunya, ini lo nak! bapak bisa nulis begini, masa kamu gak bisa?"
-Kopiah Putih

Nah itu pula yang kini menjadi alasan gua konsisten ngeblog hingga sekarang. Gua pengen punya sesuatu untuk ditunjukin ke anak-anak gua suatu saat nanti (semoga dapet istri yang baik pula 😀😇)

Blogger : Bakti untuk Kampung Halaman

Lahir dan kecil di Situbondo, tapi SMP dan SMA gua di luar kota, kuliahnya juga diluar kota. Sebagai putra Situbondo apa yang bisa gua lakuin buat negara gua, eh kampung halaman maksutnya😀.

Singkat cerita ditengah kegalauan gua mikirin apa yang bisa gua lakuin buat Situbondo ditambah quotenya  JFK yang ngiang-ngiang terus dikepala "Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your contry" Lengkap sudah kebingungan kala itu. Tapi Tuhan memang baik, dan Ia tahu kalau hambanya sedang kesusahan.

Quote JFK (sumber : Celebquote.com)

Dalam sebuah event gua ketemu dengan Mas Imron. Seorang blogger, tukang gambar, serta orang yang menikmati kejombloannya, Begitulah dia mengenalkan dirinya kala itu. Orangnya asik, tak terasa 3 jam kita habisin waktu itu. Ngomongin tentang blogger Situbondo yang tidak solid dan gk punya wadah. Tntang Wisata Situbondo yang ada di page one google infonya ngawur dan banyak lagi kegundahan tentang Situbondo.

"Dik! ini saatnya blogger Situbondo nunjukin keberadaannya! Sujiwo Tejo orang Situbondo, Joe Chandra itu reng panarukan, guh bennyak ghik penulis SItubondo, tapeh car mencar!  mun epapolong pasteh bisa ngangkak Situbondo reah!" pesan mas Imron kala itu.

Itu pula alasan kenapa gua jadi produktif nulis di tahun 2018 ini. Gua mulai nulis tentang Situbondo, mulai dari temat wisatanya, acara tahunannya, dan hal laintentang Situbondo. Sederhananya gua tuh ngincer keyword Situbondo sambil ngembangin komunitas blogger lokal yang dibangun pada November lalu oleh mas Imron.

"Sekarang tuh era digital, saatnya blogger seperti kita yang bertindak dan beraksi untuk kampung kita!"Lanjut Mas Imron

Peta Situbondo

Meski baru terkumpul tapi komunitas ini udah bisa bikin 1 E-Book berisi Cerpen, puisi dan esai tentang Situbondo. Bangga? banget lah! bisa punya buku, walau E-book 😀.

Kedepannya gua pengen lebih produktif lagi nulis, terus komitmen buat ngembangin dan ngenalin Situbondo. Jadi blogger yang inspiratif dan menginspirasi.

Itu tahun 2018 gua, 2018 lu gimana?

_______
Sumber gambar :
Scatter.com
Google map








8 komentar :

  1. Bener Banget tuh, di era digital saatnya kita beraksi dan unjuk gigi! kalau bukan kita siapa lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaps,, bener banget itu! pemuda seperti kita harus bangga menjadi seorang blogger :) bangga memperkenalkan kota kelahirannya melalui tulisan

      happy blogging :) thanks udah mampir di blog ayas

      Hapus
  2. Keren banget mas, blogger2 bisa buat aksi nyata untuk mengenalkan kampung halamannya. Saya jadi terinspirasi, tp belum banyak blogger sekenalan yang satu kampung dengan saya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya gak nyangka juga! tapi ngeberaniin diri, kenal dengan teman baru! banyak sharing, banyak dengerin!

      awalnya sulit, tapi kalau dijalanin pasti ada cara kok! otak manusia itu hebat! makin kepepet makin banyak aja ide yang muncul!

      dari situ mulai kenal dengan blogger sekampung halaman, konek via sosmed, dan terus jaga komunikasi! akhirnya bisa bikin sebuah group dan alhamdulillah sudah bisa bikin 1 e-book karya

      Hapus
  3. Ya Allah bede tang taretan, yuk aku lagi di narokan nih, pengen ngeliput kampung kerapu, klo blekok udah ku liput sih waktu msh belum bagus spt sekarang. hehhee japri aja taretan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap cak, mator sakalangkong ampon nyepper ka blog nikah :) nyoon masukan bik tips ngghi

      Segera Saya Japrio via sosial media

      Hapus
  4. Hai, salam kenal! Wah mulia juga nih keinginan untuk kampung halamannya. Semoga di tahun 2019 ini makin produktif dan bermanfaat ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, salam kenal ya Nabila!
      Terima kasih untuk doa dan dukungannya 😊

      Semoga bisa dijalankan dengan konsisten dan lancar i tahun 2019 ini

      Hapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.