Mengatasi Monitor Gak Menyala pada LG Flatron L177WSB


Hai! Selamat malam :) Saya harap para pembaca sedang dalam keadaan sehat dan bahagia. saya sengaja post tulisan ini malam hari, karena memang monitor saya baru menyala sekitar jam 20.00 tadi.

Jadi, ada baiknya saya paparkan terlebih dahulu kronologinya. Tadi malam PC saya mengalami gangguan. Terjadi lag ketika kabel LAN dihubngkan dengan PC. SAya pun terpaksa merestart PC saya beberapa kali karena LAG dadakan akibat membuka browser. 

Hal, pertama yang saya duga ada masalh dengan RAM PC saya, maklum saya menggunakan 2 RAM dengan kapasitas yang berbeda, 4 dan 2 GB. setelah berkonsultasi, saya pun memutuskan untuk mendownfrade PC dengan 2 RAM 2 GB. krena katanya penggunaan 2 ram yang berbeda kapasitas bisa menyebabkan salah satu RAM menjadi cepat rusak. Misal 2 dengan 4GB, 2 dengan 8GB dan lainnya.Usahakan jika kita memakai 2 slot RAM, saakan kapasitas kedua RAM yang kita pakai.

Singkat cerita saya lalu mengganti RAM saya dengan 2 ra, yng berkapasitas sama. 2 dan 2GB. PC saya kembali normal, tapi keeseokan harinya moitor saya tiba-tiba tidak menampilkan gambar dan masuk ke modee pwer saving terus-menerus. Saya kira ada masalah dengan kabel graphicnya, tapi setelah saya cek ternyata tiodak ada masalah dengan kabel graphicnya.

Saya lalu berkonsultasi dengan teman dan membawanya ke service komputer karena teman saya angkat tangan. Beruntungnya PC saya dapat diperbaiki dengan cepat dan tidak perlu biaya apapun. Karena memang kita tidak perlu mengganti hardware atau uninstall program ataupun OS kok. Begini cara dan penyebab terjadinya hal tersebut.

Penyebab, Monitor masuk ke mode power saving karena input dan outputnya tidak mampu ditampilkan oleh layar. Resolusi dari PC saya terlalu tinggi untuk monitor saya. Akhirnya setelah mengutak atik serta meminjam monitor tetangga untuk mensetting graphic performance PC saya, akhirnya monitor saya kembali menyala dengan normal.

Jadi, yang kta perlukan hanya meeminjam monitor lain lalu menurunkan graphic quality PC ke setting an paling rendah. Lalu taraaa..... PC kembali normal dan monitor kembali menampilkan gambar. SAran saya sih, agar nanti hal ini tak terulang lagi, kalau punya uang lebih mednign ganti monitor baru yang support high quality performance! harganya kisaran 1-2 jutaan aja kok!

Tapi konsekuensinya saya tidak dapat menaikkan resolusi saya dan harus puas dengan resolusi terendah diangka 1040 X 746 pixel serta refresh rate diangka 60.Kurang enak sih untuk gamer, solusi cepat lainya adalah membeli monitor lain yang mampu menampilkan resolusi lebih tinggi.

Jadi bagi kalian yang ingin beli PC untuk gaming ada perlunya menanyakan kekuatan resolusi maksimal dari layar monitor yang akan kita beli.

Nah, mungkin segitu dulu ya artikel kali ini. Ini semua adalah pengalaman pribadi saya, jika kalian mengalami hal yang saam, cobalah meminjam monitor teman atau tetangga lalu turunkan kualitas graphic PC kalian!

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia hari ini!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatasi Monitor Gak Menyala pada LG Flatron L177WSB"

Post a Comment

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.