Kiat Sederhana Memulai Bisnis Online


Saya yakin kita pasti sering menemui manamui akun jual beli online yang memfollow akun instagram kita. Mengirim DM saat kita menfollow balik akun tersebut, dan tentunya menawarkan produk kedapada kita! Sering? Saya pun sering menerima juga sering melakukannya.

Untuk apa hal itu dilakukan? Sebenarnya itu sebuah trik bisnis dimana kita mencoba untuk memperluas insight atau pengetahuan orang terhadap bisnis kita dengan melakukan aktivitas komentar di beberapa postingan yang relevan dengan bisnis mereka.

Contoh sederhana, pelapak krim dan obat kecantikan tentu akan sering terlihat di postingan orang yang sering mengupload foto selfie mereka. Pelapak kaos biasanya berkomentar dalam kiriman yang menggunakan hashtag #OOTD dan hashtag lainnya yang relevan dengan bisnis mereka.

Yap! Itu adalah salah satu kiat untuk memulai bisnis online. Interaksi. Berinteraksilan, berikan pelayanan yang ramah, respon yang cepat. Tentunya hal itu bisa dilakukan oleh individu seorang, bisa pula dilakukan oleh tim atau kru agar layanan bisa diberikan lebih responsif dan tentunya lebih maksimal.

Kiat pertama, Interaksi. Baik melalui komentar, atau DM melalui fitur chat. Intinya, sebisa mungkin kita nampak aktif! Kenapa harus aktif dan berkomentar? Karena dengan berkomentar berarti kita meninggalkan jejak! Tentu dengan jejak yang kita tinggalkan orang akan tahu kemana harus mencari kita kan!

Kiat selanjutnya adalah membuat akun yang menjual. Dalam hal ini portofolio produk kita harus menarik dan membuat orang ingin membeli atau menggunakan jasa kita. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah profil akun kita, bagi saya pribadi, profil kita perlu diperhatikan dengan baik. Karena terkait kiat oertama yakni interaksi, jika tampilan profil kita tidak menggambarkan apa yang kita jual, orang mungkin tidak tertarik untuk sekedar mampir.

Hal tersebut saya pikir perlu diperhatikan, karena foto profil berkaitan erat dengan impresi pertama orang lain yang sedang mencari sebuah produk atau jasa. Hal kedua adalah feed dan deskripsi. Bagi saya, hal yang perlu ada di deskripsi tentu kontak dan alamat pasti kita. Dengan menyertakan alamat sserta kontak yang jelas akan membuat orang percaya dengan pelayanan kita. Karena kadang banyak pula akun bodong yang menawarkan barang tapi tak pernah sampai kepada pembeli.


Jangan terlalu gegabah melakukan paid promote! Meski kita sudah mengeluarkan banyak uang untuk promosi berbayar, tapi akun kita tidak menjual maka hasilnya sama saja. Atau mungkin akan jadi lebih buruk. Anggapannya kita udah koar-koar nih, bilang begini-begitu pakek TOA pula. Tapi saat orang datang malah kecewa karena yang kita koar-koar in tuh beda banget sama produk aslinya. Jadi bagi saya hal pertama yang harus kita lakuin adalah membuat aun kita menjual. Bisa lewat tampilan yang rapih dan kece. Urusan ini sih balik kepada barang atau produk serta kreativitas kita. Bagi yang gak bisa disain, bisa menyewa jasa freelance designer untuk feed akun kita. Jika hal itu sudah kita lakukan, maka tidak apa lah kiranya jika kita mau menggunakan jasa promosi berbayar untuk meningkatkan insight pembeli terhadap kita




Selain itu, gunakanlah akun bisnis. Kabar baiknya, merubah  akun kita menjadi akun bisnis tidak perlu biaya sepeserpun, alias gratis tis tis. kenapa harus akun bisnis? karena ada beberapa kemudahan yang tidak bisa kita dapatkan saat menggunakan akun konvensional! contohnya adalah quick chat dimana akan ada pesan balasan langsung jika ada konsumer yang menghubungi kita. Serta masih banyak kemudahan lainnya.

Nah, kiat terakhir yang gk boleh disepelekan adalah after-sale service, apa itu after-sale service? Semacam pelayanan yang kita berikan terhadap pembeli setelah produk sampai atau digunakan oleh pembeli. Kenapa hal ini penting? Karena dengan pelayanan yang baik dari awal order sampai barang sampai ke tangan pembeli, lalu ditambah dengan after-sale service yang apk, saya yakin tanpa disuruh orang-orang akan merekomendasikan lapak kita secara tidak langsung. Sederhananya akan ada mouth to mouth promotion gratis! Gak paham? Sebut aja bisik-bisik tetangga hehehehe 😂

Nah mungkin itu kiat memulai bisnis online yang bisa saya share, semuanya adalah hal yang pernah saya lakukan untuk memulai bisnis clothing line saya dan temen saya. Perjuangan banget pada awalnya, tapi perlahan kami dapat melampaui masa-masa sulit dan berkembang sedemikian rupa! Omong-omogng, kalau kalian kepo dengan produk saya silahkan mampir ke IG kita @zsco_store ya!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kiat Sederhana Memulai Bisnis Online"

Post a Comment

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.