Monday, August 6, 2018

Oy! Aplikasi pesan singkat Buatan Indonesia yang Memberikan banyak Keuntungan

Tags


Untuk urusan aplikasi pesan singkat, mungkin masyarakat sudah terbiasa dengan Whatsapp, messenger atau BBM walau kini mulai sedikit redup pamornya. Yups, 3 aplikasi tersebut bisa dibilang raja dalam urusan aplikasi pesan singkat daring. Dan ketiganya adalah buatan luar negeri.

Mungkin masih sedikit orang yang tahu bahwa anak dalam negeri juga berhasil membikin aplikasi balas pesan singkat daring yang lumayan banyak user serta pamornya tidak kalah dengan aplikasi mainstream seperti tersebut diatas.

Pernah dengar saling sapa? Ya, web yang sempat digadang-gadang facebook nya Indonesia? Saya hanya sempat mendengar dan tidak sampai menjadi usernya. Jadi saya tidak bisa memberikan gambaran atau review tentang salingsapa.com, tapi secara pribadi saya mengapppresiasi kreator salingsapa yang bisa membikin web tersebut dan memiliki banyak user pada saat itu.

Nah, akhir-akhir ini ada lagi aplikasi balas pesan daring asli Indonesia yang mulai menggebrak lo, namanya Oy!, Size nya tidak terlalu besar, di kisaran 41 MB. Dengan mengusung tagar #ChatDapetPoint dari aplikasi ini setiap kali kita chat dalam sehari akan diakumulasikan menjadi poin dan poinnya bisa ditukar dengan pulsa dan beragam mercandhise lainnya di Oy! Store.
So, perhitungannya itu gini, tiap orang yang kita chat kita bakal dapet 3 poin, nah untuk dapet poin kita harus chat minimal 5 huruf. So kalau dibawah itu bakal diindeks sebagai spam. Dan kita tidak bisa dapet poin. 

Untuk perhitungan poinnya, setiap hari sekitar jam 8 kita akan mendapat pesan dari Oy point terkait poin hari sebelumnya, diindex menjadi poin atau terindex menjadi spam. Nah,karena Oy! Ini bisa dibilang sebuah aplikasi yang  aru naik daun. Jadi saya pribadi disini ingin menuliskan kelebihan serta kekurangan Oy! Dari sudut pandang saya pribadi.

Kelebihan

Kelebihan pertama yang pasti, karena aplikasi ini memberikan kita point Cuma-Cuma jika kita chat temen kita. Lumayan kan, chat sehari-hari jadi ada manfaatnya, tidak hanya meluangkan kuota data internet. Bisa dapet point, pilihan tukar poinnya pun beragam. Ada Jam tangan, Pulsa, Kamera, dan lain-lain.

User interface nya lumayan elegan. Enak dipandang dan designya simpel. Peletakan serta design fitur chat dan lainnya pun cukup ramah pengguna. Cara pakainya pun bisa dibilang lumayan mudah. Kita hanya perlu chat, tapi jangan spam chat ya agar diindex jadi poin bkan spam pada akhirnya. Kan capet, chat seharian sambil mengharap dapet poin malah diindex sebagai spam. Sakitnya tuh disini (sambil nunjuk dada)

Enaknya pula, kita bisa menemukan berbagai outlet serta tempat kerja jika kita ingin mencari pekerjaan. Karena salah satu ambisi pendiri Oy! Adalah menyambungkan konsumen dan produsen. Hmb, worth it banget Lo, mesti dicoba.

Mudahnya lagi, tempat-tempat tersebut (outlet serta co-working space) sudah dikelompokkan berdasarkan kelompok kebutuhan. Seperti masa media, telekomunikasi, intertainment, life style, dll. Ada banyak pilihan industri dan beragam outlet yang telah bergabung dengan Oy!

Nah, mungkin itu kelebihan sementara, BTW warna birunya keren. Saya pribadi suka. Karena memang saya suka warna biru.

Kekurangan

Untuk aplikasi baru, Oy! Tidak memiliki banyak kekurangan. Kekurangan mencolok mungkin di bagian server nya. Saat pertama kali buat akun kita bakal punya kontak awal bernama Oy Mimin. Dan satu minggu berlalu pesan yang saya kirimkan tidak kunjung terkirim. 

Sebagai pengindek pesan terkirim Oy! Menggunakan 2 buah centang yang berubah hijau ketika sudah dibaca. Nah saat saya mencoba menghubungi Oy! Mimin hal pesan saya tidak terkirim sampai sekarang. Nah menurut sya pribadi, sebagai sebuah palikasi baru Oy! Harus terbuka terhadap saran dan kritikan.

Rubrik komentar di playstore pun banyak yang mereview negatif aplikasi Oy! Sepemahaman saya, hal itu terjadi karena banyak pengguna yang pesannya diindex sebagai spam (mungkin karena niat awal mereka yang salah, dari awal niat buat GB point dengan chat Copy paste, giliran di index sebagai SPAM malah ngomel, kan kebanyakan makan micin nih bocah :D)

Tapi saya akui untuk verifikasi spam di aplikasi Oy! Masih bisa dibilang kurang. Mungkin yang harus diperbaiki terlebih dahulu adalah sistem pendeteksi spam nya. Karena aplikasi ini menawarkan point bagi penggunanya. Salah-salah bisa pihak Oy! Yang bangkrut karena diakali dengan spam serta review negatif dari Netijen.



Kekurangan selanjutnya, mungkin di tata pesannya. Jadi saya sering mengalami. Ada notifikasi dari Oy!, namun setelah saya buka aplikasi pesan itu tidak muncul, tapi baru muncul beberapa saat setelah saya buka aplikasi. Mungkin ini disebabkan oleh server. Jadi mungkin server nya juga perlu ditingkatkan. Undang orang-orang untuk bergabung jadi bagian dari Oy!

Indonesia itu luas, dan banyak orang hebat yang tinggal di Indonesia. Jika Oy! Ingin bertahan dan tetap berdedikasi bagi para usernya, Oy! Harus terus berinoasi, terus mendengarkan komentar serta memberikan yang terbaik bagi usernya diseluruh Dunia :)

Salam hangat dari Situbondo :)
........
Sumber gambar : Oyindonesia.com

Artikel Terkait

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon