Wednesday, July 11, 2018

Menikmati Keindahan Arsitektur Kolonial di Besuki Tempo Doeloe Cafe n Resto



Yuhuu, kali ini saya kembali jalan-jalan ke sebuah tempat tongkrongan yang memiliki konsep yang cukup unik. Namanya "Besuki Tempo Doeloe Cafe n Resto", seperti namanya, Cafe yang satu ini terletak di Besuki, kota kelahiran saya. dan memang tempat ini berdiri di sebuah bangunan bekas kolonial yang masih terjaga utuh sampai sekarang. nah, yuk mari kita ulas satu persatu 

Interior dan Penampilan



untuk interior dan penampilan, tempat ini seperti namanya mengangkat tema klasik, hampir semua benda dan interior di dalamnya khas masa dulu, mulai dari kursi, meja bahkan di sisi luarnya juga ada beberapa petromak sebagai penerangan di sisi luarnya.

Di dinding-dinding nya pun tertempel beberapa barang khas masa lalu, seperti sepeda onthel, motor klasi, serta bingkai yang berisi beberapa foto masa lalu keresidenan besuki, serta foto-foto bangunan Besuki Tempo Doeloe pada masa lalu.


Beauty class dari Wardah Cosmetic :D


Menurut saya pribadi, tempat ini sangat cocok bagi kita yang ingin bersantai sambil bernostalgia. untuk yang suka cari tempat yang instagramable tempat ini juga cocok. cukup instagramable dan berkarya, selain itu, cafe ini pun baru berdiri sekitar tahun 2017. berarti masih belum banyak orang yang berfoto di tempat ini. Nah, buruan tuh, yang mau selfie-selfie atau nongkrong, tempat ini rekomended banget lah!

Makanan dan Minuman

Untuk segi makanan dan minuman, tempat ini menawarkan beragam menu makanan yang variatif serta beragam pilihan minuman yang cukup menggoyang lidah. untuk harganya sih relatif standar, untuk minuman, yang paling murah ada Kopi tubruk yang dipatok seharga 3,5 K saja, dan untuk yang paling mahal, banyak juga sih. silahkan cek sendiri buku menunya kalau kalian mampir ke tempat ini 😊



untuk menu spesial, Besuki tempo Doeloe ini menyediakan beragam pilihan kopi khas Situbondo 😂. Nah, ternyata, setelah saya berinteraksi dengan si owner nya nih cafe, mereka ingin mengangkat cita rasa kopi lokal yang ternyata rasanya gk kalah sama kopi nusantara lainnya. emang sih Indonesia itu memiliki beragam citarasa kopi yang tersebar luas dari sabang sampai Merauke. Nah, untuk para pecinta kopi, mungkin bisa mampir ke tempat ini. Mungkin, bagi pecinta alam yang ingin mendaki ke puncak Argopuro juga bisa mampir di Cafe ini (kalau mau yang gratsi, monggo mampir ke rumah, lalu racik sendiri 😁)



Nah, kerennya lagi, setiap 3 bulan sekali atau lebih cepat cafe ini mengeluarkan beberapa menu baru, yang kata ownernya sih (semoga cepat terealisasi) bakal mengangkat beberapa masakan tradisional dan penganan lokal sebagai menu. Wih, jadi gak sabar, kapan ya menu itu muncul di buku menu?

Sejarah dan Asal-Usul

Untuk sejarahnya, Cafe Besuki Tempo Doeloe ini berdiri di sebuah bangunan kolonial asli yang masih tetap utuh, dengan sedikit pemugaran di beberapa sisi, serta  perbaikan di beberapa tempat tempat ini menjadi tempat yang enak dipandang serta kesan mistis yang biasanya tampak di bangunan tua sedikit berkurang (tapi tempat ini tetep serem sih kalau semua lampunya dimatikan 😂)

Untuk tahun berdirinya, Cafe ini secara resmi berdiri pada tahun 2017 sekitaran bulan Juli tanggal 7. Untuk bangunannya sendiri say atidak tahu pasti, yang jelas bangunan ini sudah berdiri sejak masa kolonial. Interior nya pun masih khas masa kolonial dengan pilar-pilar gede nya yang luar biasa. perubahan besar hanya terletak di bagian kamar mandi yang di perbaiki sehingga lebih nyaman bagi pengunjung.



Nah, kabar gembiranya, dalam waktu dekat akan ada mini water boom juga lo di Besuki tempo Doeloe, wih jadi enak nih, sudah jadi tempat bersantai, juga bisa sambil jadi tempat bermain bagi si kecil untuk yang memboyong keluarganya bersantai ke tempat ini!

Baca juga :
Nyantai Sejenak Sembari Menikmati Alam di Warung Biru Daun Situbondo

Untuk sementara, Cafe n resto Besuki Tempo Doeloe buka dari jam 3 sore sampai jam 12 malam, tempatnya sendiri terletak di daerah kampung arab  besuki, situbondo. bagi yang masih bingung bisa cek di google map atau tanya penduduk sekitar, so segini dulu ya!

salam hangat dari Situbondo 😊
 

Artikel Terkait

6 comments

Gagahnya bangunan kolonial Belanda terwakilkan di foto ke 2..., lengkungan pilarnya kelihatan artistik ya.

Ikut senang bangunan bersejarah seperti ini terawat dan difungsikan dengan baik di Situbondo.

Murah ya kopi tubruk cuma 3,5K.
Mejanya pun suka karena dari kayu

meja dan abngkunya terlihat kuat karena kayunya pasti tebal

Saya pun juga kagum, sebenarnya banyak lagi bangunan kuno yang masih terawat tapi tidak difungsikan dengan maksimal

Iya. Lumayan murah, cita rasanya pun saya rasa melebihi harga yang dipatok, worth itu dicoba looo

Hampir semua interiornya dari kayu, bahkan papan nama bangunan pun terbuat dari kayu, katanya sih untuk memunculkan look agar nuansa nostalgia nya terasa banget!


Yuk main" Tante 😉

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon