Tuesday, June 12, 2018

Kekurangan dan Kelebihan Pakai VPN di Smartphone


Saya yakin pembaca sekalian kenal sama yang namanya VPN. Singkatan dari Virtual Private Network. Mungkin para netizen, khususnya gamer kenal sama VPN. Memang akhir-akhir ini VPm sedang tren di kalangan gamer karena banyak gamer curang yang memanfaatkan VPN untuk bermain game.

Jadi, dalam tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan VPN di smartphone. 

Keuntungan pakai VPN

Pada awalnya saya tertarik menggunakan VPN untuk bermain game. Karena dengan VPN kita bisa mengubah server asal kita sehingga kita bisa beralih ke server dimana gamer nya masih nubie atau pemula.

Bukan curang sih, jadi ceritanya kita bermain di tempat yang bukan tempat kita. Semacam anak SMA tanding sama anak SD. Yang jelas si anak S bakalan kalah sama si anak SMA. Jadi singkatnya VPN digunakan untuk menyamarkan Id server kita sehingga kita bisa beralih ke server lain sesuai keinginan kita (kalau ada salah mohon dikoreksi, karena ini semua adalah pengalaman pribadi 😊)

Sisi lainnya, kalau saya sedang kehabisan kuota. Saya biasanya memakai VPN untuk bisa internet anda gratis. Untuk aplikasinya saya pakai Pshipon pro yang tersedia secara gratis di Google play. Jadi walau tidak punya kuota saya tidak pernah bingung tentang akses internet. Tinggal hidupkan program Pshipon pro maka dengan otomatis smartphone saya akan masuk dalam mode VPN (pada saat ini saya biasanya streaming YouTube habis-habisan 😂)

Sebenarnya trik internet gratis pakai VPN ini sudah agak umum, tapi rata-rata Tidka tahu benar apa namanya. Masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah Http injector atau semacamnya, toh sebenarnya pada dasarnya ini menggunakan teknik VPN.

Selain itu, keuntungan memakai VPN pada smartphone kita, kita tidak akan terlacak oleh admin atau operator. Biasanya sih yang pada iseng suka pakai VPN agar tak terlacak. Kalau untuk hal ini saya masih belum paham benar, karena pada dasarnya saya masih baru belajar dunia networking. 

Rata-rata VPN memang digunakan agar kita tampak anonymous atau tak berdaya Id saat berselancar di internet. Tapi di tangan beberapa orang VPN bisa menjadi sangat mematikan dan menguntungkan hanya bagi segelintir orang.

Kekurangan pakai VPN di smartphone

Untuk kekurangan di smartphone, rata-rata aplikasi VPN menerapkan limit speed yang berbeda-beda. Jadi walau internet nya tak terbatas tapi bisa dibilang sedikit lelet. Sepenggal aman saya memakai aplikasi VPN, rata-rata speed rate nya adalah 2 MB saja. Mungkin netizen yang sudah terbiasa internetan pakai koneksi 4g yang kenceng akan sedikit merasa terganggu jika memakai VPN.

Kekurangan selanjutnya adalah saat kita coba login sosial media. Jika kita memakai VPN provider sosial media kita seperti Facebook, dll akan meminta kita memasukkan kode pengaman atau sistem pengamanan lainnya.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Karena saat kita memakai VPN kita akan terbaca mengakses akun kita dari tempat berbeda. Hal itu pun akan dianggap sebagai hal aneh oleh Facebook, atau sosial media lainnya. Maka secara otomatis sistem pengamanan akun akan aktif dan mengharuskan kita memasukkan kode pengaman yang dikirim via SMS atau konfirmasi email.

Saya pribadi sempat terpaksa mengubah sandi sosial media saya karena VPN. Waktu itu hour satu bulan penuh saya memakai VPN (uang saku belum turun waktu itu 😂). Alhasil saya harus melewati beberapa fitur pengamanan akun yang lumayan njelimet, terlebih saya memakai akun Yahoo yang notabene saya sudah lupa password nya 😂😂. Beruntung akun saya tidak terkunci sehingga bisa digunakan kembali.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan VPN di smartphone. Semoga bermanfaat dan bisa digunakan sebaik mungkin. Selamat berselancar di dunia Maya.

Salam hangat 😊

Artikel Terkait

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon