Tuesday, May 15, 2018

Ramadhan Telah Tiba, Sudahkah Kita Berbuat Baik Hari Ini?


Tak terasa bulan suci ramadhan sudah hampir tiba. Tentunya ini adalah bulan penuh kebahagiaan bagi seluruh ummat islam di seluruh dunia. Dalam bulan ini kita diberi banyak kemudahan serta bonus. Selain itu setan-setan pun dikerangkeng sehingga tidak bisa mengganggu manusia yang sedang beribadah dengan khusuk. Itulah yang saya tahu tentang bulan ramadhan dari ceramah-ceramah serta tausiyah ustad-ustad di layar kaca.

Nah, dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan ini, sudahkah kita berbuat baik hari ini? Katanya sih dalam bulan ramadhan pintu maaf dan taubat dibuka selebar-lebarnya, selain itu setelah berpuasa kurang lebih 30 hari kita akan disambut oleh hari kemenangan, hari dimana kantor-kantor meliburkan karyawannya sehingga bisa mudik dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman 😆.

Tentunya sebuah kebanggaan bisa kembali bersua dengan bulan ramadhan dan ibadah puasa yang menjadi wajib selama bulan suci ramadhan. Biasanya sih, sebelum bulan ramadhan kita akan bertemu dengan debat pemerintah dan ormas terkait penetapan awal ramdhan. Tapi memang perbedaan itu berkah, walau ada yang telat atau merayakan terlebih dahulu atau terkadang berbarengan, momen ramadhan dan lebaran tetap membawa kebahagiaan serta rasa gembira bagi seluruh khalayak.

Selain itu, jajanan khas ramadhan pun akan mulai memenuhi kanan-kiri jalan. Para pedagang musiman pun akan mulai bermunculan. Mulai dari penjual kembag api, kopiah, serta hal-hal lain yang berbau ramadhan. Tulisan serta spanduk-spanduk tentang ramadhan pun akan dengan mudah ditemui. Group band juga akan berbondong-bondong menelurkan single religi 😂. oportunis memang, tapi membawa kebahagiaan serta rasa damai, karena semuanya terbingkai mesra tanpa perselisihan.

Walau sempat gempar dengan kasus bom di tempat beribadah si Surabaya, semoga hal itu tidak berdampak dan menyebabkan perpecahan 😌. semoga para korban diberi tempat yang layak di sisi-
Nya dan para pelaku diberi balasan yang setimpal  #PrayforSurabaya.

Sekarang kita akan berbicara tentang ramadhan. Bulan suci penuh berkah. Memang bulan ini penuh magis. Orang yang telah lama berpisah bisa bertemu karena ramadhan, bisa saat membeli takjil, jalan-jalan ngabuburit, atau hal-hal lainnya. Intinya ramadhan memang penuh kebahagiaan dan keajaiban.

Selain itu, menurut saya pribadi bulan ramadhan tidak hanya milik ummat muslim semata. Orang-orang non-muslim pun tampaknya juga turut berbahagia dengan datangnya bulan ramdhan. Toh tak bisa dipungkiri negara kita ini adalah negara yang beragam, negara yang terdiri dari berbagai macam latar belakang dan ajaibnya bisa berpadu mesra tanpa tercipta perpecahan. Indonesia memang hebat.

Sebenarnya saya menulis tulisan ini tujuannya ikut menyemarakkan datangnya bulan ramadhan. Karena memang bulan ramdahan itu penuh keajaiban. Sekali lagi keajaiban. Benar, walau ramdhan kali ini dipenuhi dengan berbagai isu serta kejadian yang tak terduga. Sebut saja viralnya tagar #2019GantiPresiden, pengeboman tempat ibadah, dan berbagai isu lainnya. Semoga hal tersebu tidak mengurangi kebahagiaan serta anugrah yang bisa kita dapat dari ramadhan kali ini 😆.

Menanggapi kejadian pengeboman tempat ibadah yang sempat mengguncangkan negeri ini, saya pribadi atas nama kemanusiaan sangat mengutuk hal tersebut. Tapi memang dunia ini tak hanya diisi oleh orang-orang baik, tapi juga orang-orang sesat, bego, kebanyakan makan micin, dan goblok. Saya hanya bisa berdoa semoga seluruh pihak diberi ketabahan serta kesabaran menghadapi ujian ini. Ah tunggu, ntar tulisan saya berbau kepentingan dan menyinggung sekelompok orang, yuk ah balik ke topik.

Saya hanya ingin mengingatkan, agar kita tidak lupa bersyukur. Semua yang bisa kita lakukan hari ini adalah anugrah. Setiap makanan yang kita makan hari ini adalah anugrah. Semuanya adalah anugrah. Karena pada dasarnya hidup ini adalah anugrah. Bisa bernapas saja sudah merupakan anugrah 😊.

Nah lo, kok ngelantur kemana-mana? Well, back to topic 😉.

Ramadhan yak! Lalu, apakah yang sudah kita lakukan hari ini? Sudahkah kita berbuat baik? Kalau belum bersegeralah, sesungguhnya berbuat baik itu banyak manfaatnya. Pertama, kita akan merasa bahagia. Kedua kita akan merasa damai, dan percayalah, dunia ini itu seimbang. Setiap kebaikan yang kita lakukan pasti dibalas dengan kebaikan lainnya. Sebut saja, kalian membaca tulisan ini, pasti tulisan kalian juga akan dibaca oleh orang lain. Kalian memberi komentar, tulisan kalian juga akan diberi komentar. Jadi berkomentarlah dengan baik, karena pembaca yang baik juga berkomentar dengan baik pula 😊.

Kalau saya pribadi, selama ramdhan kali ini sudah ada beberapa rencana yang saya susun. Penasaran? Yuk saya paparkan dulu satu-persatu.
  1. Pertama, saya akan membuka stan es buah di depan rumah. Karena rumah saya terleltak di pinggir jalan dan lalu lintas nya lumayan ramai, saya sadar bahwa ini adalah momen yang tepat untuk berbisnis 😂 hitung-hitung buat nambah uang buat beli baju lebaran. Udah gede bang, malu minta terus sama orang tua 😉. selain itu ini juga kesempatan bagi saya berbagi kepada mereka yang mebutuhkan, mungkin ada orang tidak mampu lewat bisa saya beri es buah secara percuma. Mungkin juga para pembaca yang mampir bisa duduk-duduk dan berdiskusi dengan saya sambil menunggu waktu berbuka. Lumayan kan dapet ilmu juga bisa dapet es buah gratis (kalau saya berbaik hati 😂)
     
  2. Kedua, saya ingin menyambung tali silaturahmi dengan sanak keluarga. Karena saya rasa di bulan ramdhan kesibukan saya otomatis berkurang. Terlebih sekarang saya dalam masa free. Saat dimana saya mengambang menunggu pengumuman tes masuk perguruan tinggi 😊. semoga saya bisa masuk perguruan tinggi pilihan. Mohon doanya para pembaca yang baik 😉. nah, kalian gimana nih? Apakah sudah menyambung silaturahmi dengan sanak keluarga. Mungkin bagi saya 3 atau 4 tahun yang lalu, menyambangi sanak keluarga itu suatu hal yang menyenangkan karena selain bertemu dengan keluarga yang lama tak berjumpa terkadang saya juga diberi selipan beberapa lembar uang (waktu itu saya masih imut 😂 kalau sekarang sih sudah jarang dikasih uang 😂). sudah adakah angan-angan menyambangi sanak keluarga?
     
  3. Ketiga, saya ingin memanfaatkan waktu senggang saya untuk mengasah skill, baik menulis, mengedit, dan hal lainnya (terkait edit-mengedit bisa stalk IG saya di @rahmankamal12 jangan lupa meninggalkan jejak, bisa berupa follow atau komentar 😂).

Itulah beberapa rencana yang akan saya lakukan selama ramdhan kali ini, semoga bisa tercapai dan terlaksana secara maksimal, tentunya sambil terus berbuat baik dan menolong sesama 😊. sudahkah kalian menyusun rencana di ramadhan kali ini? Yang belum bikin rencana yuk segera susun rencananya!

Terakhir, sebagai penutup tulisan ini, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Saya harap kalian bisa mendapat banyak hal dari tulisan ini. Dan semoga para korban pengeboman di Surabay diberi tempat yang layak di sisi-Nya. Keluarga korban diberi ketabahan dan semoga tidak ada dendam serta perpecahan yang tercipta 😊

#PrayforSurabaya #KamiTidakTakut #LawanTerorisme #IndonesiaHebat


Salam hangat dari Situbondo 😊

Artikel Terkait

10 comments

alhamdulillah akhirnya ketemu dengan bulan suci ramadhan juga ya. waktu itu kerasa cepet banget. belum mulai berpuasa saja udah ada rencana nya nih saat bulan puasa nanti. bisnis jalan, nulis jalan, ibadah dan silaturahmi juga jalan mantap lah.

Alhamdulillah bertemu kembali dengan bulan suci

Semoga semuanya bisa berjalan dengan lancar 😊

semoga kita selalu diingatkan untuk selalu baik bukan saja di bulan ramadan

Amin. Semoga bisa meraih kemenangan di bulan suci kali ini

Ramadhan jadi momen untuk memulai kembali silahturahmi yang sempat merenggang..

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon