Sunday, February 11, 2018

3 Hal Mutlak yang Harus Dimiliki Guru Jaman Now

Tags


Menjadi seorang guru adalah profesi yang sangat diidamkan. Dahulu kala orang-orang berlomba menjadi guru. Seakan menjadi seorang guru adalah pekerjaan terbaik kala itu. Tapi di jaman sekarang ini menjadi guru tidaklah mudah. Jika kita tidak banyak belajar maka murid kita akan menjadi kurang belajar (baca: kurang ajar). Karena pada dasarnya menjadi seorang guru itu adalah pengabdian dan diperlukan mental serta keingingan yang kuat untuk mengabdi.

Memang kalau dipikir menjadi seorang guru itu mudah, tinggal mengajar lalu selesai. Tapi semuanya tidak semudah itu. menjadi seorang guru tidak selesai setelah mengjar. Menjadi seorang guru berarti juga membentuk serta mendesain karakter siswa. Karena menurut K13 hal yang harus ditekankan itu adalah aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomototrik ๐Ÿ˜Š.

Tapi jaman sudah bergeser dan banyak sekali perubahan yang terjadi. Dahulu guru dapat bertindak leluasdaa melakukan kontrak belajar. Tapi sekarang terdapat banyak rambu serta aturan yang harus diikuti. Oleh karena itu, berikut 3 hal yang mutlak harus dimiliki seorang guru sebagai bekal menjadi pendidik jaman now. Bacanya santai aja, chek it out!

Punya Sertifiat Pendidikan

Ya sebagai seorang guru, hal pertama yang harus dimiliki adalah sertifikat pendidikan. Kalau tidak terpendidik untuk apa menjadi guru.. yang ada muridnya malah kurang belajar dan buntut-buntutnya jadi kurang ajar.

Dengan adanya sertifikat pendidikan ini, diharapkan guru dapat memberikan warna dalam dunia pendidikan dan membuat pendidikan di Indonesia memiliki taring serta membuahkan generasi-generasi emas untuk Indonesia kedepannya.

Punya Sertifikat Hukum

Sebagai seorang guru di jaman sekarang, HAM adalah isu penting yang bisa digunakan sebagai senjata untuk menyerang seorang guru. Tak terhitung sudah berapa banyak guru yang dipolisikan karena alasan HAM ๐Ÿ˜. Jadi dengan memiliki sertifikat hukum, seorang guru bisa memberikan perlawanan serta melindungi dirinya dari kalim buta serta keegoisan orang yang malaporkan guru tersebut.

Punya Sertifikat Beladiri

Hal terakhir yang harus dimiliki seorang guru adalah sertifikat beladiri. Artinya gru piawai serta cakap mengajar serta membela dan mempertahankan dirinya dari serangan maupun ancaman dari siswa yang dodol dan bebel๐Ÿ˜‚.

Jadi jika ada siswa yang melawan, dengan bakal ilmu beladiri, sang guru bisa memberi pelajaran sehingga sang murid tidak mengulangi dan nantinya jadi respek serta menghormati gurunya.
__

Syahdan, tulisan diatas hanya sebuah refleksi dan bukan tulisan serius yang harus ditelusuri asal usul musabbabnya. Tidak perlu sampai berkerut tapi nikmati saja. Jika tidak lucu silahkan tulis humor tandingan di kolom komentar ๐Ÿ˜. 

Intinya kita bisa saling menghargai dan mengambil pelajaran satu sama lain. Karena manusia yang baik pasti bersikap baik. 

Salam hangat ๐Ÿ˜Š

Artikel Terkait

2 comments

Kayaknya yang terakhir memang perlu banget tuh
miris sekarang melihat tingkah siswa yang seenaknya dengan gurunya

saya sangat setuju, mengingat kemaren sempat gempar karena kasus muris memukul guru, parah banget kang!

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon