Kamis, 25 Januari 2018

Sebelum Liburan ke Aceh, Perhatikan Peraturan Ini!


Ingin liburan ke Aceh? bingung cari tiket? saya sarankan anda memesan tiket di reservasi dot com. Nah! saat kamu sudah mendapatkan tiket Batik Air ataupun maskapai penerbangan lainnya untuk liburan ke Aceh. Alangkah baiknya kamu mempelajari hal yang diperbolehkan atau tidak diperbolehkan saat berada di Aceh.

Pasalnya Aceh punya keistimewaan sendiri dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia. Keistimewaan ini tidak terlepas dari perjuangan rakyat Aceh dalam menjaga NKRI dan perlawanannya terhadap Portugis pada jaman penjajahan. Bahkan saking hebatnya perjuangan rakyat Aceh, Aceh jadi satu-satunya daerah yang tidak bisa ditaklukkan oleh penjajah.

Dengan keistimewaan yang didapatkan Aceh. Kota Serambi Mekah memutuskan untuk menerapkan syariat Islam di Tanah Rencong tersebut. Konsekuensi dari diterapkannya hukum syariat di Aceh adalah adanya peraturan daerah yang berbeda dengan daerah lainnya.

Berikut ini peraturan yang ada di Aceh yang harus kamu patuhi, sesudah kamu  reservasi Sriwijaya ataupun maskapai penerbangan lainnya;

Jangan Mengenakan Pakaian Ketat

Jika biasanya di daerah lain ada razia malam atau razia kendaraan, lain halnya dengan Aceh. Di Aceh ada razia yang istimewa dan unik, yaitu razia pakaian ketat. Jadi untuk kamu perempuan yang menggunakan celana berbahan jeans dan ketat. Siap-siap deh, kamu kena razia dan mendapatkan hukuman.

Memang sih pelanggar pakaian ketat ini hukumannya tidak begitu berat/ Para pelanggar biasanya hanya kena teguran dan pembuatan perjanjian tidak akan mengulanginya kembali. Namun, bukankah lebih baik kamu tidak terjaring razia seperti ini. Jadi, kenakan pakaian longgar dan sopan ya!
 
Wanita Lebih Baik Jangan Mengendarai Sepeda Motor

Larangan bagi wanita mengendarai sepeda motor memang sempat menuai pro kontra. Namun akhirnya peraturan perempuan dilarang mengendarai sepeda motor akhirnya di sepakati sebagian besar anggota dewan di Aceh. Larangan ini sudah berlaku dari tahun 2013 yang lalu. Jadi, bagi kamu yang wanita dan sedang liburan ke Aceh lebih baik tidak mengendarai sepeda motor.

Menurut Wali Kota Aceh yang dilansir dari berbagai sumber, perempuan yang mengendarai sepeda motor dengan duduk mengangkang, bertentangan dengan norma yang berlaku. Wanita, baik muda ataupun tua tidak boleh duduk mengangkang di sepeda motor karena bisa memprovokasi pengendara laki-laki.  

Peraturan ini juga untuk melindungi perempuan dari kondisi yang tidak diinginkan. Karena keselamatan di Aceh bukan hanya soal keselamatan lalu lintas, namun juga keselamatan diri dari tindakan kejahatan dan pelecehan seksual.
 
Hindari Berboncengan dengan Lawan jenis yang Bukan Mahram

Sekitar tahun 2015 silam, Perda baru dikeluarkan oleh Pemda Aceh. Disampaikan langsung DPRD Kabupaten Aceh Utara, Fauzan Hamzah, peraturan tersebut berupa larangan berboncengan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram atau tidak ada ikatan keluarga. 

Jadi, agar lebih aman mendingan saat kamu bepergian dengan lawan jenis di Aceh kamu menggunakan kendaraan roda empat saja dan bukan sepeda motor. Tidak mau kan diciduk gara-gara masalah seperti ini!
 
Berduaan dengan Pacar? Siap-siap Diciduk

Berboncengan dengan lawan jenis yang bukan mahram saja bisa diciduk polisi, apalagi berduaan sama pacar. Jadi, buat kamu yang liburan bersama pacar, mendingan jangan berduaan di sembarang tempat deh.  

Jika kamu masih nekat berduaan di tempat umum, siap-siap deh diciduk Satpol PP atau bahkan kamu dan pasangan bisa mendapatkan hukuman rajam atau cambukkan. Ih, serem kan!
 
Untuk Muslimah Wajib Menggunakan Hijab dan Laki-laki Harus Memakai Celana Panjang Saat Berada di Luar rumah

Saat berada di Aceh, kamu sebaiknya tidak asal dalam berpakaian. Pasalnya berpakaian dalam masyarakat Aceh merupakan aspek yang sangat diperhatikan. Dari pakaianlah, norma dan kesopanan tercermin di masyarakat Aceh. Jika kamu seorang Muslimah  artinya kamu wajib menggunakan hijab saat berada di Aceh. Mengenakan pakaian tertutup tidak hanya berlaku bagi wanita di Aceh, namun kaum pria di Aceh juga diharuskan menggunakan pakaian yang tertutup. 

Gaya busana laki-laki di Aceh harus rapi dan sopan. Laki-laki di Aceh akan lebih banyak mengenakan celana panjang dan sarung. Sebenarnya, tidak ada aturan tertulis yang mewajibkan seseorang harus berpenampilan seperti itu. Namun, kamu yang berniat liburan ke sini, lebih baik tidak menggunakan bawahan pendek ya. 

---

Nah, itu tadi peraturan yang berlaku di Aceh. Meski memang beberapa di antara nya hingga saat ini masih menjadi perdebatan dan menimbulkan pro kontra. Namun alangkah baiknya saat kamu berkunjung ke Aceh kamu mematuhi peraturan-peraturan tersebut. 

Dengan mematuhi peraturan tersebut, tentunya kamu menghormati masyarakat Aceh sebagai tuan rumah. Kamu ingin liburan ke kota lainnya, selain Daerah Istimewa Aceh? Nah, kamu bisa dapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik di Reservasi.com. 

Reservasi.com akan membantu kamu untuk mendapatkan tiket Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, atau reservasi Sriwijaya, serta maskapai penerbangan lainnya dengan harga murah dan terbaik.

Sumber foto : tstatic.net

Artikel Terkait

6 komentar

waah bagus juga ya bisa di terapka hukum syariat
Islam bukan mengekang tapi mempermudah kehidupan
menjujung tinggi martabat perempuan

Yg wanita jgn naik sepeda motor, masih banyak bgt kontranya yaa.. Aku ke aceh thn lalu, dan banyak banget sih mas wanita yg naik motor. Trakhir tinggal di aceh, wkt itu blm ada aturan ini.. Syariat islampun blm diberlakukan. Banyak bgt yg berubah dr aceh skr yaa

Iya om.
Kan emang harus menghormati satu sama lain.
Andai di daerah lain masyarakatnya juga saling menghormati bakalan makmur indonesia 😊

Pertama tama. Salam kenal kak.
Iya nih banyak yang berubah di Aceh sekarang. Aturan islam semakin ditegakkan. Dan banyak aturan lain yang disesuaikan.

Denger denger katanya sekarang pramugari maskapai penerbangan pun harus berjilbab? Semakin diperketat ya.... Di Aceh

Iya tuh.. belum sampe satu bulan berlaku di Aceh... Tapi semua maskapai udah pada ganti kostum kalau deket Aceh 😊

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon