Thursday, December 14, 2017

Belajar dari rivalitas Ronaldo dan Messi

Tags

Tidak diragukan, hampir semua orang mengenal Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Dua superstar sepakbola yang kini sama-sama merumput di liga spanyol. Messi yang dijuluki La Pulga atau si kutu dengan kostum Barcelona nya dan Ronaldo dengan kostum Real Madrid nya. 

Mereka berdua tampaknya telah menjadi ikon sepakbola setelah lebih dari 10 tahun terus bersaing dalam rivalitas yang sungguh sengit. Jauh lebih sengit dari persaingan antara Pele - Maradona, Ronaldhino - Zidane, maupun Buffon - Cassilas.

Selama 10 tahun nominasi pemain terbaik dunia selalu jatuh ke tangan dua pemain tersebut. Pagelaran terakhir berhasil dimenangkan Ronaldo setelah dirinya dikukuhkan sebagai pemain terbaik dunia 2017 dan berhak menerima trophy Ballon D’or.

Nampaknya persaingan serta rivalitas mereka masih akan berlanjut meski sudah sama-sama berkepala 3. Para pemain muda dan rising star nampaknya masih belum mampu mengusik kemapanan 2 pesepakbola ini.

Nah, kali ternyata ada beberapa hal yang dapat kita ambil dari rivalitas 2 pesepakbola ini. Daripada kita beradu argumen memilih siapa yang terbaik diantara keduanya lebih baik kita mengambil pelajaran dari persaingan ketat mereka. Nah, yuk langsung saja kita bahas hal yang bisa kita dapat dari persaingan keduanya.

Sikap Pantang menyerah

Dari mereka kita bisa mempelajari semangat pantang menyerah. Tentu bukanlah hal mudah untuk menjadi pemain tetap di klub sebesar Real Madrid dan Barcelona. Jika performa tidak memuaskan maka kita bisa langsung didepak dari jajaran pemain inti. Banyak sekali pemain yang didatangkan dengan bandrol selangit, baik oleh Real Madrid maupun Barcelona. Tapi keduanya tetap menjadi pilihan utama untuk mengisi pos masing-masing.

Tentunya bukan hal sepele menjaga penampilan serta kondisi tubuh tetap fit di tengah jadwal laga yang padat. Terlebih, bergelimpangnya pemain hebat di kedua tim menjadi tantangan untuk tetap menjadi pemain andalan pelatih masing-masing. Telah berkali-kali, baik Real Madrid maupun Barcelona berganti pelatih tapi keduanya tetap menjadi opsi pertama di setiap pertandingan.

Cinta Tanah Air

Meskipun mereka sama-sama sibuk di klub masing-masing tapi mereka tidak pernah menolak panggilan dari negara masing-masing. Sayang keduanya masih belum mampu mengangkat pamor negara mereka masing-masing. Messi masih belum memberikan trophi kepada Argentina, sedangkan Ronaldo hanya mampu memberikan tropi piala EURO kepada Portugal.

Terlepas dari kontribusi mereka yang yang masih belum begitu membaggakan di level timnas. Tapi mereka tidak pernah menolak panggilan negara mereka dan dengan senang hati bermain membela negara tercinta mereka. Sikap nasionalisme yang patut ditiru dari rivalitas 2 superstar sepakbola ini.

Rivalitas yang Adil

Terlepas dari sejarah panjang rivalitas mereka. Hubungan keduanya di luar lapangan bisa dibilang baik. Baik Messi dan Ronaldo tidak pernah terlibat konflik yang berarti. Kecuali konflik perebutan gelar pemain terbaik dunia heheheh 😁.

Rival is not enemy

Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan keduanya. Sama-sama ganas di atas lapangan tapi ramah di luar lapangan. Karena rival bukanlah musuh tapi teman yang mengajak kita untuk jadi lebih baik lagi. Hal itu tergambarkan dari rivalitas ereka selama 10 tahun terakhir. Sungguh rivalitas yang luar biasa.

Well, mungkin itulah beberapa hal yang bisa kita ambil dari rivalitas dua superstar sepakbola ini. Untuk masukan dan saran silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. 

Salam hangat dari Gooner Situbondo 😁 

Artikel Terkait

6 comments

boleh dibilang rivalitas mereka, adalah rivalitas yang sehat. hanya para pendukungnya saja yang menjadikannya tidak sehat hehehe. bahkan di beberapa kesempatan, terkadang mereka terlihat saling memuji satu sama lain.

Yang membuatnya memanas adalah media dan para supporternya
tapi ya demi namanya uang, media akan melakukan apapun agar terlihat dramatis rivalitas mereka

betul, dan rivalitas mereka rasanya tidak akan berhenti sampai disini saja. masih akan terus berlanjut beberapa tahun kedepan

memang media berperan besar dalam rivalitas keduanya. tapi secara realitas keduanya memang memiliki skill yang mumpuni. sebuah rivalitas yang sungguh hebat. :D

Betul bngt, rivalitas mereka selalu menjdi sorotan media

hampir menjadi rivalitas yang paling amat disorot sepanjang sejarah. bagai dua muka uang koin

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.
EmoticonEmoticon