Mengatasi Masalah Import Gambar di Corel Draw dan Mengenal Fitur View di CorelDraw

Beberapa saat yang lalu saya sempat mendapat masalah dalam msalah editing gambar untuk blog. Akhirnya proses editing gambar pun sedikit mendapat masalah. 

Beruntung setelah lama-lama mengutak-atik sistem dan pengaturan saya pun berhasil memecahkan masalah tersebut. Berikut sekedar tips dan saran dari penulis bagi sahabat sekalian yang mungkin menghadapi masalah yang sama

Gambar Menjadi Hitam Putih dan Hanya Garis Saja


Tampilan gambar yang menjadi hanya garis saja karena mode view grayscale diaktifkan tanpa sadar




Masalah yang saya hadapai adalah gambar yang saya import ke CorelDraw langsung berubah jadi mode grayscale dan bagi hasil kerja yang sebelumnya telah tersimpan hanya menampilkan wireframe-nya saja. Seperti tangkapan layar dibawah ini.

Langsung saja, hal tersebut terjadi bukan karena software failure atau kegagalan software tapi secara tidak sengaja atau tanpa disadari kita mengubah mode preview CorelDraw itu sendiri. 

Cara memperbaikinya pun cukup gampang. Tingal arahkan cursor ke tab View dan ubah ke mode enchanced dan yey...! gambar kembali mengkilap dan kinclong.😀😁
Ubah tampilan di Menu View




Tekan tab View lalu ubah ke Enchanced  dan gambar Kalian seketika kembali normal seperti sediakala.

Kinclong lagi kan? yey.....😋 Nah, beriktu Saya jelaskan beberapa kegunaan dari mode view yang diberikan oleh CorelDraw kepada penggunanya.

  • Simple Wireframe : Membuat tampilan berbentuk garis-garis sederhana/ outline
  • Wireframe : Sama seperti fitur sebelumnya namun lebih detail.
  • Enhance : Tampilan dimaksimalkan dan tidak ada pixel yang ditunjukkan
  • Pixel : Tampilan normal dengan penambahan fitur pixel jika di zoom lebih jauh. Cocok untuk proses pembuatan Pixel Art yang lagi booming di NFT



dan selesai, kembali seperti semula !

Nah sekian tulisan ini, semoga bermanfaat. Intinya, dalam menghadapi setiap masalah jangan sampai gegabah. Untuk diskusi lebih lanjut atau komentar tentang masalah lain tentang desain grafis. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar. Selamat beraktivitas dan salam hangat dari Situbondo

__

Added Note*

Ada berbagai mode view yang bisa kalian pilih di bagian view di top bar aplikasi Corel kalian. Silahkan gunakan mode view sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalau aku pribadi biasanya untuk proses building dan pembuatan di awal Aku memakai mode pixel untuk menyesuaikan pixel point dari tiap shape dan bentuk yang aku buat. Setelah semuanya selesai Aku kemudian beralih ke mode enhanched untuk melakukan koreksi dan revisi untuk karya yang sudah Aku selesaikan.

Untuk mode Wireframe biasanya aku pakai untuk meluruskan dan merapikan line yang berseliweran dan kadang misspoint karena seringnya main send to back dan ctrl+home 😂😂. Mode wireframe juga sering aku pakai untuk mencari kebocoran line saat meggunakan pentool atau freehand tool saat membuat line dan tidak bisa diwarnai dengan Smartfill.

6 Komentar

  1. Save dulu ah ilmunya, uda lama ga bljr corel

    BalasHapus
  2. Silakan kak. Nita... Dengan senang hati. Sudah lama tak dengar kabar 😂....
    Salam hangat dari situbondo

    BalasHapus
  3. Terimakasih, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. kak importnya kenapa yha kok gk bisa

    BalasHapus

Anda bebas berkomentar selama tidak mengandung unsur SARA dan PORNOGRAFI. Selamat berbagi pendapat dan berdiskusi di kolom komentar ini.

Orang baik berkomentar dengan baik.
Jadilah komentator yang baik.